Catatan Perjalanan UKDV Caving Diksar XXVIII

Goa Manten merupakan goa yang terletak di kawasan Eromoko, Wonogiri. Goa ini terdiri dari dua pitch, pitch pertama dengan kedalaman delapan meter dan pitch kedua dengan kedalaman lima meter.

DAY 1 (Sabtu, 22 September 2018)

Perjalanan ke Goa Manten yang terletak di daerah Eromoko, Wonogiri, Jawa Tengah dimulai dengan persiapan perlengkapan di Basecamp PMPA Vagus FK UNS pada pagi hari sekitar pukul 08.00. Kami mengemas perlengkapan dan barang-barang ke dalam carrier. Pada sekitar pukul 16.00 kami berangkat dari Basecamp PMPA Vagus menuju Goa Manten menggunakan sepeda motor. Waktu tempuh dari Basecamp PMPA Vagus menuju Goa Manten normalnya membutuhkan waktu sekitar dua setengah sampai tiga jam. Namun, karena satu dan lain hal kami membutuhkan waktu sekitar lima setengah sampai dengan enam jam untuk sampai ke Eromoko.

Sesampainya di Eromoko kami beristirahat di masjid sekitar tiga jam. Sekitar pukul setengah satu kami melanjutkan perjalanan ke lokasi entrance Goa Manten dan tiba sekitar pukul 02.00 dini hari.

DAY 2 (Minggu, 23 September 2018)

Goa yang terletak di daerah Eromoko ini memiliki dua entrance. Entrance pertama lebih besar, tetapi lebih dangkal dan jalurnya sedikit menyempit. Sedangkan entrance kedua cukup lebar dengan diameter 5,08 meter dan kedalaman 14,20 meter. Kami menggunakan entrance yang kedua. Sesampainya di lokasi entrance kami mengamati entrance dan menentukan titik anchor yang akan dipasang dan setelahnya kami beristirahat.

Kegiatan dilanjutkan kembali sekitar pukul 06.00 pagi. Kami langsung melakukan anchoring dan persiapan rigging sekitar dua jam dan mulai rigging pada pukul 08.00 pagi. Setelah selesai rigging dan memasang deviasi, enam dari kami turun dari entrance ke pitch 1.

Satu persatu turun ke dalam goa dengan tali dan set SRT

Kedalaman dari entrance ke pitch 1 adalah sekitar 14,20 meter dan kondisi di pitch 1 masih sangat terang karena entrance yang cukup besar dan banyaknya cahaya yang dapat masuk melalui entrance lainnya. Keadaan di pitch 1 pun tidak terlalu lembab. Terdapat chamber yang lumayan luas tetapi sedikit miring.

Entrance goa dilihat dari pitch 1

Di pitch 1 terdapat tiga entrance menuju pitch 2. Setelah melakukan pemetaan di pitch 1 kami memasang anchor lagi untuk turun ke pitch 2. Kami memilih entrance yang terletak di tengah yang diapit dua entrance lainnya. Entrance yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman 9,74 meter.

Berfoto di dalam goa

Kondisi di pitch 2 cahaya sudah tidak dapat masuk dan mulai terasa lembab dan cukup sempit. Terdapat jalan yang sedikit menurun tetapi kami tidak melakukan eksplorasi lebih jauh lagi mengingat sudah memasuki waktu maghrib.

Setelah naik kembali ke pitch 1 kami salat maghrib di sana dan setelah itu melakukan cleaning dan mulai naik sekitar pukul 19.00. Kami selesai cleaning sekitar pukul 21.00. Setelah itu kami membereskan perlengkapan yang digunakan sekaligus mengecek barang-barang yang dibawa.

Setelah semuanya beres kami melakukan perjalanan pulang dari Goa Manten kembali ke basecamp sekitar pukul setengah satu dini hari dan sampai di Basecamp PMPA Vagus FK UNS sekitar pukul 03.00 pagi.


Disunting oleh: Naurah Aletha (V.XXIX.012)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.