Haaai !!

Setelah bercerita panjang lebar  tentang kegiatan musyawarah nasionalyang diadakan selama dua hari di dalam ruangan, kini saya akan menceritakan kegiatan main-main di alam dalam kegiatan jambore nasional (jamnas) yang diadakan selama tiga hari.  Kegiatan jamnas dimulai hari Rabu, 25 Juni 2014 dengan sarapan di Jawa Dwipa dan dilanjutkan pemberian materi Traumatologi di Balai Desa Gondosuli. jamnas 1Peserta Jamnas menggunakan truk untuk menuju lokasi. Jalan yang dilewati berkelok-kelok, melewati tanjakan dan turunan. Peserta Jamnas terlihat sangat menikmati perjalanan ditambah hawa sejuk yang menemani di sepanjang perjalanan. Selain teori materi traumatologi juga disampaikan dalam bentuk praktek. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan satu orang pembimbing.

jamnas 2Materi traumatologi telah selesai, selanjutnya adalah pemberian materi Evakuasi Darat oleh AURI yang dibagi menjadi dua materi yaitu rappling dan vertical rescue. Peserta dipimpin menuju ke lapangan Gondosuli untuk sedikit diberikan pengarahan dan pemasangan seat harnest. Kemudian peserta diajak menuju lokasi rappling di tebing gondosuli. Peserta jalan kurang lebih satu jam. Di sepanjang perjalanan mereka beberapa kali foto bersama. Walaupun hawa sangat dingin, tapi mereka berjalan dengan keringat yang mengucur dan akhirnya tiba di tebing Gondosuli tempat rappling. Peserta mencoba rappling satu-persatu.jamnas 5 Ada yang ragu-ragu, takut, ada pula yang dengan semangat turun rappling. Setelah sampai di bawah, mereka disambut oleh beberapa AURI yang akan memberikan materi kedua yaitu vertical rescue.

jamnas 6Setelah materi evakuasi darat selesai, peserta kemudian menuju ke Tlogo Dringo. Peserta menggunakan truk lagi untuk menuju lokasi. Tiba di gerbang Tlogo Dringo, peserta turun dan kemudian jalan menuju ke lokasi materi survival yaitu di lapangan 1774. Ini nih baru menuju alam sesungguhnya. Hutan. Jamnas hari pertama ditutup dengan pembuatan bivak dan api unggun. (Apriska Mega, 2014)

jamnas 4Masih di lokasi yang sama, desa tlogodlingo, hari ketiga jambore nasional ini diisi dengan kegiatan fun competition. Sesuai namanya, tujuan kompetisi ini adalah bersenang-senang sambil mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan dua hari sebelumnya. Tiap tim terdiri dari 5 orang yang berasal dari wilayah yang sama. Meskipun sifatnya fun, pemenang dari kompetisi ini cukup puas karena mendapatkan piala walikota surakarta sebagai hadiahnya. Semua tim diberangkatkan pada pukul 8 pagi dari lokasi posko induk mereka. Cuaca yang berkabut dan dingin yang menusuk pagi itu tidak melemahkan semangat mereka berkompetisi. Antar tim diberangkatkan dengan jeda waktu sekitar 10 menit.

jamnas 11Tiap tim melakukan perjalanan (tracking) sesuai jalur tanda panah yang telah terpasang. Jalur yang mereka lalui cukup panjang dan membangkitkan adrenalin. Sepanjang track yang dilalui, mereka akan singgah di 5 pos yang didalamnya mereka akan mendapatkan soal berkaitan dengan materi jamnas hari sebelumnya. Tiap pos punya penilaian yang berbeda yaitu kecepatan atau ketepatan tergantung soal yang ada.  Soal terdiri dari dua macam yaitu soal tulis dan soal praktek. Soal praktek dikerjakan di pos berkaitan langsung sedangkan soal tulis dikumpulkan di pos berikutnya. Soal praktek ini berupa praktek navigasi darat dan pembuatan bivak.

jamnas 10

Kompetisi ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. Kemudian, kegiatan hari itu pun dilanjutkan dengan acara sarasehan pada malam hari dan pengumuman pemenang fun competition. Malam yang masih sangat dingin dan basah kala itu menjadi terasa kian hangat ketika semua delegasi berbaur dalam sarasehan. Tidak cukup hanya berbincang-bincang saja, sarasehan malam itu semakin berwarna dengan suguhan persembahan dari tiap kelompok jambore yang saling menunjukkan aksi mereka dalam seni. Pada puncak acara sarasehan ini, panitia mengumumkan hasilfun competition dengan tim 1 dari PTBMMKI wilayah III sebagai juara pertamanya. (Dessy Rachmawati, 2014)

jamnas 9

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.