KEMAH LESTARI PMPA VAGUS 2015

(31 Oktober – 01 November 2015)

IMG_1305

(Suasana sunset Pantai Watulawang)

 

Kemah Lestari merupakan salah satu kegiatan PMPA Vagus yang bertujuan untuk mengenalkan PMPA Vagus kepada mahasiswa baru FK UNS. Sasaran dalam kegiatan ini  adalah mahasiswa baru FK UNS dan mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan di pantai. Kemah Lestari kali ini bertempat di Pantai Watulawang, yang berada di  kawasan Gunung Kidul, DIY. Pantai Watulawang ini termasuk sedikit pantai di Gunung Kidul yang masih tidak begitu ramai pengunjungnya dan tidak begitu dikomersialisasi. Pantai ini tepat berada di antara Pantai Tenggole dan Pantai Pok Tunggal. Kegiatan yang berlangsung selama Kemah Lestari adalah fun camping, rappelling, medis, susurpantai, dan games.

Kegiatan pertama yang dilakukan setelah sampai di lokasi adalah susur pantai, menyusuri tiga pantai, yaitu Pantai Indrayanti, Pantai Tenggole, dan Pantai Watulawang itu sendiri. Setelah sampai di pantai Watulawang, peserta langsung bermain bersama panitia menunggu sunset tiba. Saat malam tiba acara langsung dilanjutkan dengan bakar-bakar ikan dan menikmati api unggun bersama, dan setelah makan malam selesai, acara dilanjutkan dengan sharing-sharing dengan senior PMPA Vagus.

Pada pagi esok harinya, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok medis dan kelompok rappelling, semua peserta antusias dengan materi medis dan rappelling, hampir semua peserta mencoba rappelling di pantai Watulawang ini, namun beberapa peserta ada yang takut mencoba rappelling. Setelah semua peserta mendapatkan materi medis dan rappelling, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama panitia sebelum akhirnya beres-beres area kemah dan kemudian kembali ke Solo.

Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam Kemah Lestari PMPA Vagus 2015, antara lain kurangnya akses listrik dan kurangnya penerangan di lokasi KL 2015, Pantai Watulawang. Hal ini dirasa wajar karena pantai ini memang belum terlalu dieksploitasi.

Oleh: V.XXV.005