Senin, 12 Februari 2018 kami Diksar XXVIII berjumlah empat belas orang berkumpul di Basecamp Vagus FK UNS pada pukul 05.00 WIB. Perjalanan kami awali dengan berangkat dari Solo menuju Basecamp Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah dengan menggunakan bus mini pada pukul 06.00 WIB.

Kami tiba di Basecamp Candi Cetho pada pukul 08.25 dengan kondisi cuaca cerah. Setelah itu kami beristirahat sejenak sambil mengecek logistik dan menata carrier masing-masing. Disana kami juga bertemu dengan mas mbak pembimbing.

Setelah menitipkan baju cadangan dan mengurus administrasi kami berangkat dari Basecamp Candi Cetho pukul 09.00 WIB dengan pembagian tiga kloter dan setiap kloter diberi jeda keberangkatan lima menit.

Kloter pertama yang berangkat beranggotakan Devara, Magda, Dinda Retno, Deddi, dan Faiq. Kloter kedua yang berangkat beranggotakan Gea, Oryza, Nita, Medita, dan Maya. Kloter ketiga beranggotakan Karina, Nisrina, Risvalia, dan Bagas. Setiap kloter dibekali sebuah peta dari pihak administrasi Basecamp Candi Cetho.

Trek dari Basecamp Candi Cetho berupa padatan tanah yang datar, namun sedikit menanjak di beberapa bagian serta jalanan yang berupa batuan dan tangga. Dalam perjalanan, kami juga bermain dengan anjing pemilik basecamp yang bernama Ziro.

Kami sempat berhenti di sungai untuk beristirahat dan mengambil air untuk mengisi persedian logistik air. Kami juga harus menyeberangi sungai tersebut agar sampai di Pos 1.
Kami sampai di Pos 1 pukul 10.10 WIB. Kami beristirahat selama sepuluh menit di shelter yang disediakan.

Pukul 10.20 WIB, kloter 1 mulai berangkat lalu diikuti oleh kloter 2 dan kloter 3. Trek yang dilalui juga masih sama dengan trek yang sebelumnya. Pukul 11.43 WIB kami tiba di Pos 2 Brakseng. Kami hanya beristirahat sejenak sambil sedikit makan dan minum di shelter.

Pukul 11:54 WIB kami memulai kembali perjalanan. Trek yang dilalui berupa tanjakan tanah yang licin dan berlumpur. Hanya sedikit cahaya matahari yang menembus akibat vegetasi pepohonan yang rapat.

Pukul 14:15 WIB kami tiba di Pos Air. Disana kami istirahat, salat, dan makan. Sayangnya ketika kami berada di Pos Air, sumber air yang ada rusak dikarenakan longsor sehingga kami harus menghemat persediaan air. Untuk menu makan siang berupa nasi dengan lauk ayam yang sudah kami bawa sendiri dari Basecamp Vagus.

Pukul 14:50 WIB kami memulai lagi perjalanan menuju Pos 3 dengan trek yang masih sama dengan sebelumnya.
Sampai di Pos 3 pada pukul 15:13 WIB dengan cuaca yang mulai dingin. Dikarenakan pada saat di Pos Air kami sudah cukup beristirahat, jadi kami hanya istirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan pada pukul 15:17 WIB.

Beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan

Trek dari Pos 3 ke Pos 4 masih berupa padatan tanah yang licin dan menanjak. Kerapatan pepohonan mulai terbuka. Lalu kami tiba di Pos 4 pukul 18:05 WIB dengan cuaca dingin dan hujan gerimis.

Di Pos 4 kami memutuskan untuk mendirikan tenda dikarenakan hari sudah mulai gelap dan hujan makin deras disertai dengan angin yang kencang. Terdapat shelter di Pos 4 yang digunakan oleh mas mbak pembimbing, lalu kami mendirikan 3 dome, satu dome di area atas dan dua dome di area bawah di tambah dengan satu dome milik mas mbak pembimbing.

Selesai mendirikan tenda kami segera menata carrier dan logistik di dalam dome. Setelah itu beberapa dari kami ada yang memasak, beribadah, menata logistik dan beristirahat. Untuk makan malam, kami memasak nasi dengan lauk sup dan makaroni.

Karena cuaca pada saat itu hujan serta suhu sangat dingin, kami memutuskan untuk segera tidur pada pukul 21:00 WIB dan tidak berkeliaran diluar dome.

Pukul 02:15 satu persatu dari kami mulai bangun dan bersiap-siap untuk summit. Kami memutuskan hanya membawa satu carrier untuk tiap kloter yang berisi obat-obatan, air, makanan ringan, dan ponco, sedangkan logistik lain kami tinggalkan di tenda Pos 4.

Kami berangkat summit attack pada pukul 03:25 WIB dalam cuaca gerimis serta angin yang kencang. Trek yang kami lalui pun licin dan menanjak serta jalurnya yang sempit.

Kami sampai di Pos 5 pada pukul 06:15 WIB. Terdapat sabana di sepanjang perjalanan menuju Pos 5, kami bahkan sempat berhenti di salah satu wilayah sabana dan beribadah. Di Pos 5 cuaca membaik, sudah tidak hujan, namun masih terdapat angin kencang. Di Pos 5 tidak terdapat shelter dan hanya terdapat pohon besar di tepi sabana.

Kami lalu melanjutkan perjalanan dan sampai di Gupak Menjangan pukul 06:45 dengan cuaca yang hujan dan berangin kencang. Trek dari Pos 5 menuju Gupak Menjangan juga masih berupa padang rumput yang luas dan datar, namun naik di beberapa bagian dan hanya sedikit pepohonan.

Setelah beristirahat sebentar di Gupak Menjangan dan memakai ponco, kami melanjutkan perjalanan menuju Pasar Dieng dan sampai disana pukul 08:30 WIB. Trek di Pasar Dieng berupa bebatuan yang datar dan beberapa tersusun secara acak. Kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Puncak Hargo Dalem.

Trek yang kami lewati masih berupa bebatuan, namun ketika mendekati Puncak Hargo Dalem berubah menjadi tangga yang tersusun dari bebatuan. Kami tiba di Puncak Hargo Dalem pada pukul 08:40 WIB.
Sampai di Puncak Hargo Dalem kami istirahat sejenak sambil makan dan minum di warung Mbok Yem. Kami memesan nasi pecel telur di Mbok Yem untuk makan siang sesuai dengan MP yang telah kami susun.

Setelah cukup makan dan istirahat kami melanjutkan perjalanan menuju Puncak Hargo Dumilah pada pukul 10:00 WIB. Trek yang dilalui berupa bebatuan yang menanjak dan cuaca yang pada saat itu berkabut.
Kami akhirnya sampai di Puncak Hargo Dumilah pada pukul 10:29 WIB.

Di Puncak Hargo Dumilah kami melakukan sesi dokumentasi sambil beristirahat dan menikmati pemandangan di sana. Cuaca di puncak pada saat itu cerah berkabut. Selanjutnya kami melaksanakan penyematan PDL PMPA Vagus kepada empat belas anggota Vagus Diksar XXVIII. Dimana penyematan dilakukan oleh delapan senior PMPA Vagus yaitu Mas Tegar, Mas Dimas, Mas Boi, Mas Hade, Mas Gunawan, Mbak Berli, Mbak Zahro, dan Mbak Mia.

Berfoto bersama di Puncak Hargo Dumilah

Setelah sesi penyematan PDL dan sesi dokumentasi, kami mulai turun dari Puncak Hargo Dumilah pada pukul 12:47 WIB. Kami sampai di Pos 4 pukul 14:25 WIB.

Perjalanan turun dari puncak menuju camp ground

Sesampainya di Pos 4 kami packing untuk persiapan turun. Bersama-sama kami membereskan dome, membersihkan area sekitar tempat camp, dan menata logistik serta carrier keempat belas anggota.

Kami berangkat turun dari Pos 4 menuju Basecamp Candi Cetho pada pukul 15:04 WIB. Cuaca ketika kami turun pada saat itu cerah, tidak berhujan, namun berangin.

Kami sampai di Basecamp Candi Cetho pada pukul 00:20 WIB. Disana kami langsung pulang menuju Basecamp PMPA Vagus dengan bus mini yang sama ketika berangkat. Akhirnya, kami sampai di FK UNS pada pukul 01:30 WIB.


Disunting oleh: Naurah Aletha (V.XXIX.012)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.