Lustrum? Apa itu lustrum? Lustrum berarti 5 tahun(an). Tak terasa PMPA Vagus telah memasuki usia kepala-3-nya. Yak, pada 2013 ini PMPA Vagus genap berusia 30 tahun. Memperingati usia barunya ini, PMPA VAGUS merayakannya dengan mengadakan rangkaian acara Lustrum ke-6 PMPA VAGUS. Lustrum ke-6 ini bertemakan “Lean Forward with Togetherness in Colors

Rangkaian acara lustrum ini terdiri dari 6 kegiatan:

1. 6 SUMMITS EXPEDITION

Rangkaian acara lustrum ke-6 PMPA VAGUS dibuka dengan pendakian 6 puncak tertinggi di Pulau Jawa. Apa yang membedakan kegiatan ini dengan pendakian-pendakian lainnya? Karena pendakian ke-6 puncak tersebut dilakukan dalam waktu yang bersamaan oleh 6 tim yang berbeda. Pada akhirnya, ke-6 tim tersebut akan mengibarkan bendera PMPA Vagus di 6 puncak berbeda dalam waktu yang bersamaan. Enam puncak tersebut yaitu Slamet 3428 mdpl, Sumbing 3371 mdpl, Arjuno 3339 mdpl, Lawu 3265 mdpl, Welirang 3156 mdpl, dan Sindoro 3153 mdpl. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19-23 April 2013

2. SERAMBI

Serambi, merupakan akronim dari Serunya Mengabdi dan Berbagi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 12 Mei 2013 di Kampung Ngleco, Sewu, Jebres, Surakarta, dekat pintu air Demangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap masyarakat dan alam sekitar serta mengajak masyarakat sebagai subjek kegiatan. Kegiatan ini memiliki 6 sub kegiatan, yaitu Pembersihan dan normalisasi sungai, Penanaman pohon di sekitar bantaran sungai dan pekarangan warga, Penyebaran bibit ikan sapu-sapu dan patin, Pengobatan gratis, Pembagian sembako, Penyuluhan masalah kesehatan lingkungan, Senam sehat, serta Lomba memasak dan menggambar bagi warga sekitar.

3. BAKSOS AKBAR

Rangkaian acara yang ketiga ialah bakti sosial akbar. Bakti sosial kali ini akan dilakukan di 6 kelurahan di kecamatan Simo, Boyolali. Pelaksanaan kegiatan ini akan dibagi menjadi 2 bagian. Pada pelaksanaan pertama, yakni tanggal 2 Juni 2013, akan diadakan pengobatan gratis di 5 kelurahan berbeda di kecamatan Simo, yaitu kelurahan Talakbroto, Teter, Kedunglengkong, Pelem, dan Bendungan. Selanjutnya untuk pelaksanaan kedua, yakni tanggal 19 Juni 2013, akan diadakan pengobatan gratis beserta bedah minor dan khitan di kelurahan Simo.

4. SIMPOSIUM NASIONAL EMERGENCY

Ini merupakan simposium nasional pertama yang diadakan oleh PMPA Vagus. Simposium kali ini mengangkat tema “Kegawatdaruratan dari Berbagai Perspektif Ilmu kedokteran”. Materi yang akan dibawakan pada simposium kali ini antara lain Informed Consent pada Kegawatdaruratan Medik, Dengue Shock Syndrome, Kehamilan Ektopik Terganggu, Fraktur Terbuka, Terapi Cairan pada Syok Hipovolemik, Cerbral Vascular Accident, Steven Johnson Syndrome, Asthma, dan Gejala Kolik Abdomen. Simposium ini akan dilaksanakan pada 29 Juni 2013 di Soemarjo Grand Ballroom The Sunan Hotel. Keterangan lengkap mengenai simposium ini bisa dilihat di sini.

5. MAKRAB & GATHERING

Memori itu bagai kepingan puzzle yang tersebar, dan saat berkumpul adalah waktu untuk bersama menyatukannya. Sudah menjadi tradisi, setiap 5 tahun sekali akan diadakan reuni akbar seluruh anggota PMPA Vagus dari semenjak organisasi ini berdiri. Begitupun pada perayaan lustrum ke-6 kali ini. Kami mengundang seluruh anggota PMPA Vagus beserta keluarga untuk berkumpul bersama di Solo pada tanggal 30 Juni 2013.

6. V-FEST

Rangkaian acara lustrum ke-6 PMPA Vagus akan ditutup dengan Vagus Festival. V-Fest akan diadakan di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 21 September 2013. Acara ini dibuka untuk umum. Festival ini menggabungkan workshop managemen bencana, festival, dan sarasehan. Festival ini juga akan diramaikan oleh pertunjukkan musik dan seni, stand-stand menarik, donor darah, flying fox, rappelling, dan climbing.

Begitu kira-kira gambaran singkat mengenai rangkaian acara lustrum PMPA Vagus. Terus ikuti website, facebook, dan twitter PMPA Vagus untuk mengetahui update tentang kegiatan-kegiatan PMPA Vagus.

Seperti tema lustrum ke-6 kali ini, mari bergabung bersama kami, berikan warna-mu, bersama melangkah maju, karena pelangi tidak akan indah jika hanya satu warna.

Salam Lestari! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.