Catatan Perjalanan UKDV HG Diksar XXIX

Perjalanan ini bermula ketika kami sebagai anggota PMPA Vagus Diksar XXIX yang tergabung dalam spesialisasi hutan gunung diberi kewajiban untuk melaksanakan UKDV guna menyelesaikan pendidikan kepecintaalaman.

Kami diharuskan untuk menerapkan pengetahuan yang telah diberikan selama pendidikan yang terdiri dari materi survival, manajemen perjalanan, serta navigasi darat yang diterapkan pada alam terbuka dan biasanya dilakukan di daerah pegunungan yang merupakan ciri khas dari organisasi pecinta alam itu sendiri.

Setelah menyamakan suara untuk lokasi UKDV serta konsultasi kepada Mas Rama selaku senior kami akhirnya memilih Gunung Sumbing sebagai lokasi UKDV HG karena Gunung Sumbing belum pernah digunakan sebagai lokasi UKDV sebelumnya dan kami juga menganggap Gunung Sumbing sebagai lokasi yang cocok untuk kami jalan-jalan dan mengisi waktu liburan. Kami memilih tanggal 26 sampai dengan 27 Agustus 2019 berbarengan dengan libur akhir semester.

Kami mulai menyiapkan kebutuhan serta manajemen perjalanan pada awal bulan Agustus dengan membagi setiap perencanaan untuk setiap anggota.

Beberapa hari mendekati UKDV HG tepatnya pada tanggal 24 kami mulai mempersiapkan alat yang dibutuhkan pada saat pendakian sampai kembali ke Solo. Kami juga melakukan latihan alam pada tanggal 25 di Gunung Mongkrang di daerah Tawangmangu, Karanganyar.

Kami berangkat dari Basecamp Vagus pada tanggal 25 pukul 10.00 WIB lalu kami tiba pada pukul 11.00. Setelah itu kami langsung menuju titik pertama untuk selanjutnya mempraktikkan materi navigasi darat yang telah kami pelajari sebelumnya. Kami diberikan titik tujuan oleh pendamping lalu kami menggunakan kompas dan penampakan alam yang ada untuk tiba di titik tersebut.

Praktik navigasi darat

Pada pukul 13.30 kami tiba di koordinat lokasi yang diberikan oleh pendamping. Lalu kami melanjutkan praktik materi lain seperti bivak alam yaitu membuat shelter dengan bahan dari alam yang terdiri dari ranting dan semak-semak, serta materi survival api dan membuat trap.

Praktik membuat bivak alam
Praktik survival api

Pada pukul 17.00 setelah kami mengaplikasikan semua materi kami kembali ke Basecamp Vagus.

Keesokan harinya kami melanjutkan rangkaian UKDV Hutan-Gunung menuju Gunung Sumbing. Kami memulai perjalanan pukul 07.00 dan tiba di tempat tujuan sekitar pukul 11.30. Lalu pukul 11.30 hingga pukul 12.30 kami istirahat, salat dan makan serta melakukan persiapan sebelum pendakian.

Memulai pendakian

Pukul 12.30 kami memulai pendakian dari basecamp menuju Pos 1. Kami tiba di Pos 1 pukul 13.55. Kami beristirahat hingga pukul 14.15 sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pos 2.

Di Pos 1

Kami tiba di Pos 2 pukul 15.40. Kami beristirahat selama 15 menit lalu pukul 15.55 kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pos 3 pukul 16.51. Pukul 16.51 kami mendirikan tenda hingga pukul 18.00. Lalu setelah itu kami istirahat, makan malam dan salat. Sekitar pukul 22.00 kami tidur.

Bermalam di Pos 3

Kami bangun pukul 04.00 untuk persiapan summit dengan menyiapkan minuman hangat dan barang yang akan kami bawa menuju puncak. Kami juga melakukan salat subuh terlebih dahulu dan melakukan perjalanan summit pukul 04.30.

Kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 4 dan tiba di Pos 4 sekitar pukul 06.00. Kami beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Kami menempuh perjalanan menuju puncak selama kurang lebih tiga jam karena medan yang cukup berpasir dan terjal. Kami tiba di puncak sekitar pukul 09.30. Lalu setelah sampai di puncak kami menikmati pemandangan sejenak dan berfoto sampai sekitar pukul 10.30.

Berfoto di puncak Gunung Sumbing

Kami memulai perjalanan turun dan tiba di Pos 4 pukul 13.00. Lalu kami tiba di Pos 3 sekitar pukul 14.45. Setelahnya, kami melangsungkan salat ashar dan makan siang terlebih dahulu. Barulah kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pos 2 pukul 15.30.

Beristirahat di Pos 2

Perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 1 memakan waktu kurang lebih dua jam sehingga kami tiba di Pos 1 pukul 17.30. Kami melanjutkan perjalanan turun dari Pos 1 hingga basecamp dan tiba di basecamp pukul 20.00.

Pukul 20.00 hingga pukul 22.00 kami melakukan bersih diri dan istirahat sebelum melakukan perjalanan kembali ke Solo. Pukul 23.30 kami memulai perjalanan kembali ke Solo dan tiba di Solo pukul 03.30.

Disunting oleh: Naurah Aletha (V.XXIX.012)