Catatan Perjalanan UKDV RC Diksar XXIX

Senin, 26 Agustus 2019 lalu, perjalanan menuju Tebing Parangendog, Gunungkidul kami mulai. Kami berangkat pukul 16.49 dari basecamp PMPA Vagus FK UNS. Perjalanan kami tempuh selama empat jam karena beberapa titik kemacetan yang kami temui dan selain itu kami juga berhenti sebentar untuk makan malam. Perjalanan kami tempuh dengan satu mobil dan dua motor.

Tim kami sendiri terdiri atas empat orang dari Diksar XXIX yang menjadi peserta UKDV RC, empat orang dari diksar XXVIII, dan tiga orang senior yang menyusul. Sesampainya di basecamp tebing Parangendog, kami rawuh dengan bapak pemilik basecamp lalu bersiap-siap salat dan istirahat.

Rawuh dan makan malam di basecamp

Malamnya, teman-teman Mapala Unjani datang. Ternyata kami akan menggunakan Tebing Parangendog bersama-sama keesokan harinya. Kami pun berdiskusi jalur-jalur mana saja yang akan digunakan. Tak lama, beberapa senior kami yang menyusul juga datang. Kami berdiskusi beberapa hal untuk hari esok dan beristirahat.

Esok harinya, kami memulai agenda pada pukul 05.30 ketika matahari sudah menerangi tebing. Kami memasang flysheet dan mempersiapkan alat-alat terlebih dahulu.

Memasang flysheet untuk tempat berteduh

Lalu kami memulai anchoring climbing pada pukul 06.11 sampai 07.53.

Anchoring

Satu persatu dari peserta UKDV pun memulai climbing. Dimulai dari Anis, Adhira, Selly, dan Fadhil. Para senior juga mencoba climbing di jalur yang telah kami buat. Hasilnya cukup menantang mengingat tingkat kesulitan jalur ini menengah.

Climbing di Tebing Parangendog

Selesai climbing, keempat peserta UKDV memulai anchoring rappelling, tepatnya pada pukul 11.02 di mana matahari mulai terik. Waktu makan siang tiba ketika kami sudah selesai melakukan anchoring pada pukul 12.47. Kami pun turun dan makan bersama dengan Mapala Unjani yang hari itu juga menggunakan Tebing Parangendog.

Setelah mengisi kembali energi, kami melanjutkan agenda kegiatan, yaitu rappelling yang berhasil kami selesaikan pukul 15.30.

Adhira melakukan rappeling

Selanjutnya, Anis dan Selly yang sudah terlebih dulu rappelling bersiap melanjutkan leading yang dilanjutkan Adhira dan Fadhil hingga selesai pada pukul 16.17. Kami segera melakukan cleaning alat dan tak lupa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama lalu kembali ke basecamp tebing.

Berfoto bersama dengan teman-teman dari Mapala Unjani

Sesampainya di basecamp, kami membersihkan diri, istirahat, dan salat. Sehabis itu, kami membereskan tempat kami menginap dan berpamitan dengan pemilik basecamp serta teman-teman Mapala Unjani. Perjalanan kembali ke Solo kami mulai pukul 18.06 dan tiba di Solo pukul 21.28.


Disunting oleh: Naurah Aletha (V.XXIX.012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.