Catatan Perjalanan UKDV RC Diksar XXVIII

UKDV RC 2018 dilaksanakan di Tebing Siung, Duwet, Purwodadi dan Tebing Bayat di Klaten.

Sabtu, 15 September 2018

Hari Sabtu, 15 September 2018 kami berangkat dari FK pukul 15.33 menggunakan empat motor (Mas Rama – Mbak Zahro, Mas Permadi – Magda, Dinda – Oryza, Andrini – Gea)

Kami tiba di lokasi sudah dalam keadaan gelap, sekitar pukul 20.33. Malam itu kami langsung menuju tebing, untuk menentukan tebing mana yang akan kami gunakan besok. Kami memutuskan untuk menggunakan tebing G.

Setelah itu kami makan malam di gazebo yang ada di antara tebing-tebing itu. Setelah makan malam, kami kembali ke basecamp dan melakukan review materi rock climbing yang sudah harus kami kuasai sebagai spesialisasi RC. Kami melakukan review tentang anchor, simpul, komunikasi, dan set untuk climbing, rappeling, dan leading. Setelah itu barulah kami beristirahat.

Minggu, 16 September 2018

Keesokan paginya pukul 04.30 pagi kami sudah bersiap-siap. Kami menyiapkan alat yang akan dibawa, beserta perlengkapan pribadi yang sekiranya akan dibutuhkan nanti.

Kami langsung menuju tebing G yang sudah kami tentukan sebelumnya. Kami mencari jalan untuk menuju bagian atas tebing. Mas Rama membantu kami untuk mencari jalannya. Setelah itu kami satu-persatu naik sambil membawa alat-alat untuk membuat anchor.

Pertama-tama kami membuat safety line, barulah mulai memobilisasi barang-barang ke bagian puncak tebing. Saat itu yang bertugas membuat anchor adalah Andrini, Oryza, Gea dan Mas Rama yang membantu mengarahkan kami.

Membuat anchor

Pertama, kami melakukan rappeling terlebih dahulu. Dimulai dari Andrini, Oryza, Idin, Gea baru kemudian yang terakhir adalah Magda. Sembari menunggu yang sedang rappeling, yang sudah ada di bawah naik ke atas lagi untuk membawa helm, carabiner, dan figure of eight.

Belaying
Rappeling

Setelah semua peserta UKDV sudah melakukan rappelling dan naik ke atas lagi, kami membuat anchor untuk climbing. Setelah itu Mas Gun melakukan climbing pertama kali.

Mas Gun mencoba climbing

Setelah Mas Gun sampai di puncak, dilanjutkan Mas Permadi yang mencoba. Setelah itu barulah peserta UKDV satu persatu mencoba. Dimulai dari Gea, kemudian Andrini, Magda, Oryza, dan yang terakhir adalah Dinda.

Peserta UKDV melakukan climbing

Kira-kira waktu sudah menunjukkan 16.30 petang. Kami masih ragu apakah akan langsung melanjutkan untuk leading. Karena ternyata track di tebing tersebut untuk melakukan leading cukup sulit. Sehingga kami berencana untuk pindah tebing. Namun ternyata tebing yang dirasa cukup mudah untuk leading masih digunakan oleh mapala lain. Sehingga kami memutuskan untuk mengganti leading di lain hari dan di tempat yang berbeda.

Kemudian, kami cleaning. Serta bersiap-siap pulang dari Tebing Siung sekitar jam 17.00-an. Tiba di Solo sekitar pukul 22.00.

Kami melakukan leading di Tebing Bayat, Klaten pada hari Rabu tanggal 19 September 2018. Pada malam hari kami baru tiba di tebing tersebut. Malam itu agak sedikit gerimis.

Kami mulai memasang set untuk leading. Kami mencoba leading dimulai dari Andrini, dilanjutkan dengan Gea, Oryza, Magda dan yang terakhir adalah Dinda. Setelah itu kami langsung pulang. Proses leading ini tidak terlalu lama. Sehingga kami bisa selesai dengan cepat. Setelah itu, kami singgah sebentar ke rumah Mas Rama, dan tiba di Solo dengan selamat pada pukul 00.30 dini hari.


Disunting oleh: Naurah Aletha (V.XXIX.012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.