Bagi anda yang mempunyai hobi adventure baik itu yang traveling, naik gunung, penjelajahan, ataupun yang lainnya, disini ada tips-tips bagaimana membeli peralatan dalam pendakian gunung dan berkemah dialam terbuka. Ada tips-tips bagaimana cara membeli peralatan naik gunung yang baik, diantaranya adalah tips membeli sleeping bag.
• Perhatikan kapan dan dimana slepping bag tersebut akan digunakan. Belilah sleeping bag yang akan digunakan pada kondisi cuaca yang sering dihadapi.
• Perhatikan aktivitas yang dilakukan dengan sleeping bag ini. Jika mendaki gunung saat musim hujan, pertimbangkan untuk membawa sleeping bag yang berbahan sintetis. Jika berat yang menjadi masalah, pilihlah sleeping bag yang berbahan down atau bulu angsa.
• Perhatikan budget. Jika punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli sleeping bag keluaran pabrik yang memang sudah teruji kualitasnya.
• Perhatikan apakah anda sering kedinginan atau susah tidur?, kalau yang pertama maka pilihlah yang hangat dan jika yang kedua carilah sleeping bag dengan ruang dalamnya yang cukup lega.
• Periksalah setiap toko alat gunung dan lakukanlah sedikit penelitian. Lihat dan rasakan bahan material lapisan dalam beberapa sleeping bag yang berbeda. Lihat jahitan dan bahan lapisan luarnya.
• Jangan sungkan-sungkan untuk membuka gulungan sleeping bag jika masih dalam keadaan tergulung dan lihat bagian dalamnya.

Sumber : Panduan teknis pendakian gunung, Hendri agustin, 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.